Dukungan Terhadap Pengembangan KEK Pariwisata Sangat Dibutuhkan

Dukungan Terhadap Pengembangan KEK Pariwisata Sangat Dibutuhkan

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak Real Estate Indonesia (REI) untuk mendukung pengembangan KEK Pariwisata melalui investasi. Menpar mengatakan, dengan adanya KEK Pariwisata diharapkan dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. “Diperlukan dukungan pengembangan amenitas pariwisata, salah satunya melalui pembangunan homestay,” ujar Arief dalam press release di laman resmi Kementerian Pariwisata.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung saat ini tengah menargetkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung dan KEK Pariwisata Pantai Timur Sungailiat untuk diresmikan pada tahun ini. Pengembangan dua KEK Pariwisata di Pulau Bangka tersebut diharapkan cepat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui masuknya investasi. “Kedua KEK ini kami ajukan secara bersamaan. Tetapi bukan berarti saling bersaing, karena masing-masing dimajukan dengan segmen dan gaya yang berbeda,” ujar Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Bangka Belitung, Thomas Jusman mengungkapkan keberadaan KEK akan mendorong lebih banyak investasi baik dari luar daerah maupun luar negeri masuk ke provinsi tersebut. “Saat ini sudah ada investor yang melirik potensi ekonomi, khususnya properti pariwisata di Babel, namun masih minim,” kata Thomas.