Hidup Manusia Tak Bisa Lepas dari Perhitungan Waktu Mundur

Fakta Countdown Timer

3....2....1... lift off. Kode yang sering digunakan pada saat peluncuran roket luar angkasa atau uji coba nuklir. Biasa dikenal juga dengan istilah T Minus Time yang berarti waktu sebelum peluncuran. Umumnya segala aktivitas manusia diukur dengan perhitungan waktu, seperti berapa lama seorang pelari maraton menempuh jarak sepuluh kilometer. Namun terkadang, keingintahuan kita tentang sebuah peristiwa memerlukan hitungan mundur terhadap waktu. Kedengarannya sedikit aneh, namun seperti itulah kebutuhan kita dalam mengelola waktu.

Fakta Countdown Timer

Countdown timer merupakan perangkat yang memang digunakan khusus untuk menghitung berapa lama lagi sebuah momen akan terjadi. Alat ini awalnya hanya dipakai untuk kepentingan dan kalangan tertentu saja. Dalam peluncuran roket misalnya, lokasi dan ketinggiannya bisa diperkirakan dengan berpatokan pada sisa waktu yang ada. Bentuk countdown timer sendiri ada yang mekanik hingga versi elektronik atau digital. Tampilannya memang mirip sebagaimana timer pada umumya, hanya fungsi dan tujuan pemakaiannya saja yang berbeda.

Fakta Countdown Timer

Kini, Countdown timer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung waktu untuk memanggang roti dan sebagainya. Tentunya untuk pemakaian yang sederhana cukup menggunakan perangkat timer yang mekanik karena mudah dan praktis. Dengan berkembangnya teknologi, pemakaian countdown timer meluas ke berbagai peralatan yang umum dijumpai, mulai dari mesin cuci, microwave, switch off system jaringan dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Bahkan sejak beberapa waktu lalu sudah merambat ke dunia internet, sehingga kita bisa jumpai beberapa situs menggunakan countdown timer untuk menambah feature yang ada. Anda pun bisa meng-install berbagai aplikasi/software pada komputer atau gadget untuk mencoba ‘melihat’ sisi lain dari perhitungan waktu.

Fakta Countdown Timer