Cara Mengirim Pesan Tempo Dulu

Message Delivery

Mungkin bumi kita sepanjang waktu penuh dengan milyaran informasi yang lalu lalang melalui segala gadget yang terkait dengan pertukaran data. Sejak ribuan tahun, manusia selalu berupaya dengan segala cara untuk bisa menyampaikan pesan ataupun informasi. Cara pengiriman pesan yang paling terkenal adalah Message in the Bottle. Konon, pada tahun 310 SM, seorang filsuf bernama Theophrastus telah menggunakan cara ini. Pesan ditulis dan dimasukkan ke dalam botol yang tertutup rapat kemudian dilemparkan ke laut. Dengan harapan suatu saat entah dimana, ada seseorang yang akan menemukan botol tersebut dan bisa menyampaikan pesan yang ada di dalamnya kepada orang yang dimaksud. Tentunya cara seperti ini sangat tidak efektif.

Message Delivery

Seiring dengan berkembangnya zaman, orang berpikir untuk menggunakan burung merpati. Memang pada mulanya harus melatihnya hingga ia siap menjalankan tugas. Sekitar tahun 1146, Sultan Baghdad Nuruddin merupakan orang yang pertama kali memanfaatkan merpati sebagai sarana pengiriman pesan. Meskipun saat ini masih ada yang menggunakannya, namun sudah tidak menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang dalam mengirim pesan.

Message Delivery

Perkembangan teknologi, baik hardware maupun software telah mengubah cara pengiriman pesan. Beragam aplikasi banyak tersedia dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Tak sekedar tulisan semata, gambar dan video pun kini bisa dikirim dengan sangat mudah.