Asal Muasal Pizza Bukan dari Itali

Pizza

Pizza yang kini banyak dikenal orang memiliki sejarah panjang. Pada umumnya, orang percaya bahwa makanan ini berasal dari Italia. Padahal jika ditelusuri lebih jauh lagi, ternyata pizza telah ada sejak zaman kuno di wilayah Timur Tengah. Bangsa Babilonia, Mesir, Armenia, Yunani dan Romawi memakan roti tanpa diasamkan yang dimasak dalam tungku yang terbuat dari lumpur. Biasanya, di bagian atasnya diberi minyak zaitun dan rempah-rempah alami yang kini dikenal sebagai foccacia.

Berbeda dengan pizza yang berasal dari Naples – Italia yang biasa bisa kita jumpai saat ini. Bagian atas roti diberi tomat, keju dan sebagainya. Makanan ini kemudian menyebar ke Amerika, Inggris dan Spanyol, namun sedikit yang mengetahui keberadaannya sampai meletus perang dunia kedua. Saat terjadi pendudukan Italia, banyak tentara Amerika dan Eropa pernah mencicipinya.

Asal usul kata pizza sendiri memiliki keragaman, orang Italia menyebutnya ‘Pie’ yang mungkin berasal dari bahasa Latin ‘Pitch’ atau ‘Pitta’ dalam bahasa Yunani. Seorang imigran Italia yang bernama Gennuardo Lombardi membuka toko pizza pada tahun 1905 di Amerika tepatnya di New York. Bahkan toko pertama yang menjual pizza telah ada sejak tahun 1830 di Port 'Alba, Naples dan masih tetap buka sampai sekarang. (IB)