8 Kota terisolasi di dunia

Sendiri, sepi, tak ada yang menemani...

Pernah membayangkan hidup dan menetap di sebuah kota yang terisolasi dari dunia luar? Nyatanya, di dunia ini ada beberapa kota yang bahkan hanya dihuni oleh ratusan orang saja. Berikut delapan kota terisolasi yang ada di dunia.

8 Kota terisolasi di dunia

1. Longyearbyen - Norway

Kota Longyearbyen di Norwegia sebenarnya lebih dekat ke Kutub Utara daripada ke Oslo. Lokasinya yang di kawasan Arktik membuat Longyearbyen sangat dingin sepanjang tahun. Longyearbyen memiliki 3000 penduduk dan sekitar sepertiga dari mereka adalah orang asing. Kota ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, karena fakta bahwa ilegal untuk tinggal di sana tanpa pekerjaan atau alamat tetap. Selain itu, juga ilegal untuk mati di sana, karena terlalu dingin bagi tubuh untuk terurai yang bisa menyebabkan wabah penyakit. Walau tingkat kriminal sangat rendah, kepemilikan senjata untuk warganya sangat tinggi, karena untuk melindungi diri terhadap ancaman beruang kutub. Polisi di sana bahkan memberlakukan hukum bagi siapa pun yang bepergian ke luar kota harus membawa senjata dan tahu cara menggunakannya.

8 Kota terisolasi di dunia

2. Villa Las Estrellas - Antartika

Villa Las Estrellas adalah salah satu permukiman sipil langka di Antartika. Pulau ini berada di bawah yurisdiksi Chili dan hanya memiliki populasi sekitar 200 jiwa. Kota ini tidak hanya terisolasi secara geografis dari seluruh dunia tapi juga teknologi. tidak ada akses internet di Villa Las Estrellas kecuali untuk tiga komputer di sebuah sekolah lokal.

8 Kota terisolasi di dunia

3. Ittoqqortoormiit - Greenland

Greenland sudah cukup terpencil, tetapi Ittoqqortoormiit di pantai timur jelas merupakan kota paling terpencil di negara tersebut. Ittoqqortoormiit memiliki 450 penduduk dan hanya memiliki satu toko kelontong. Berburu dan memancing masih merupakan cara hidup di antara penduduk setempat. Greenland praktisnya adalah satu bagian es raksasa dengan cuaca yang menantang. Jika Anda berkeliaran ke luar kota, Anda akan segera menemukan diri Anda tersesat di belantara es.

8 Kota terisolasi di dunia

4. Funafuti - Tuvalu

Funafuti adalah rumah bagi 6000 penduduk yang menetap di sebuah lahan yang penuh dengan pohon palem dan dikelilingi laut yang bergolak tanpa akhir. Jika melihat peta, Tuvalu terlihat seperti mengambang di antah berantah. Daerah berpenduduk terpopuler terdekat adalah Fiji, 1134 km jauhnya. Untuk sampai ke kota besar, harus terbang ke Selandia Baru atau Hawaii. Itu alasan mengapa Funafuti hanya menerima 350 turis setahun: kurang dari satu setiap hari!

8 Kota terisolasi di dunia

5. Hanga Roa - Pulau Paskah

Hanga Roa terkenal karena kepala batu besar dan misteri di sekitarnya. Pulau ini adalah bagian dari Chili tetapi terletak lebih dari 3000 kilometer jauhnya dari daratan utama. Lokasinya yang diantara dua gunung berapi Rano Kau dan Maunga Terevaka memberi kesan berada di ujung dunia, dan kepala batu raksasa misterius menambah perasaan itu. Satu-satunya cara untuk mencapai pulau itu? Bandara kecil serta dua pelabuhan Hanga Roa Otai dan Hanga Piko.

8 Kota terisolasi di dunia

6. La Rinconada - Peru

La Rinconada terletak jauh di ketinggian 17000 kaki di atas permukaan laut. Hal itu membuat La Rinconada menjadi pemukiman manusia tertinggi di planet kita. Pasokan air adalah masalah besar di kota pegunungan kecil ini, tetapi dihuni oleh sekitar 50000 orang. Meskipun terletak di Peru, kota ini memiliki kondisi iklim yang sangat mirip dengan Greenland.

8 Kota terisolasi di dunia

7. Ürümqi - Cina

Ürümqi di Cina adalah kota terjauh yang jauh dari garis pantai di dunia. Kota kecil ini berjarak 2240 km dari laut. Terletak di bagian barat laut Cina, Ürümqi dikelilingi oleh gurun dan gunung. Tidak hanya berbeda secara geografis tetapi juga secara kultural. Orang-orang di sana beragama Islam, dan semua papan tanda ditulis dalam Bahasa Arab.

8 Kota terisolasi di dunia

8. Iqaluit - Kanada

Iqaluit adalah ibu kota wilayah paling terpencil di Kanada. Kota ini terletak sangat jauh di utara sehingga hampir tidak bisa dihuni dan Anda hampir tidak dapat melihat pepohonan. Satu-satunya hal yang membuat kota ini terhubung ke seluruh dunia adalah penerbangan empat jam dari Ottawa. Iqaluit memiliki sekitar 7200 penduduk.

Baca selengkapnya disini