8 Fakta Tentang Polandia

Dari teori pusat tata surya, pemenang nobel, hingga jumlah alfabet.

Negara Polandia tiba-tiba banyak dibahas oleh masyarakat Indonesia setelah Egy Maulana Vikri, pesepakbola asal Medan, Sumatra Utara secara resmi dikontrak oleh Lechia Gdańsk, salah satu klub sepakbola negara tersebut. Lantas, apa yang kita ketahui tentang Polandia, selain warna benderanya yang sama? Simak fakta-fakta unik berikut ini.

8 Fakta Tentang Polandia

1. Nicolaus Copernicus

Seorang Astronom asal Polandia, Nicolaus Copernicus, dipercaya sebagai orang pertama yang mengeluarkan teori bahwa planet bumi bukanlah pusat dari tata surya.

8 Fakta Tentang Polandia

2. Menonton Home Alone

Entah siapa yang memulai, namun masyarakat Polandia memiliki tradisi menonton film Home Alone pada Hari Natal.

8 Fakta Tentang Polandia

3. Lantai “0”

Di Polandia, lantai “1” diartikan sebagai lantai “0”. Jadi jika Anda ingin menuju lantai “2” di sebuah gedung menggunakan lift, Anda harus menekan tombol “1”.

8 Fakta Tentang Polandia

4. Nobel Prize

Orang Polandia paling banyak mendapatkan hadiah Nobel. Saat ini tercatat ada 17 Nobel yang diberikan kepada orang-orang Polandia, empat diantaranya tentang perdamaian dan lima lagi tentang literatur.

8 Fakta Tentang Polandia

5. World’s Strongest Man

Kebanyakan pemenang dari kontes World’s Strongest Man berasal dari Polandia.

6. Free of Charge

Di Kota Warsawa, Ibukota Polandia, jika seseorang lahir di transportasi umum yang dikelola oleh pemerintah, maka seumur hidupnya Ia tidak dikenakan biaya ketika menggunakan transportasi umum.

7. Usia Pernikahan

Rata-rata orang Polandia menikah di usia muda dibandingkan negara-negara Eropa lainnnya. Wanita Polandia biasanya menikah di usia 24 tahun, dan pria menikah di usia 26 tahun.

8 Fakta Tentang Polandia

8. Jumlah Alfabet

Polandia memiliki 32 alfabet, lebih banyak dari bahasa Inggris yang hanya memiliki 26 alfabet.