10 Fakta tentang Mexico

Ribuan tahun melewati beberapa peradaban penting membuat negara bekas jajahan Spanyol ini kaya akan peninggalan sejarah dan budaya.

Kondisi alam dan lingkungannya juga berhasil menarik minat banyak wisatawan mancanegara. Dan inilah beberapa fakta yang menjadikan Meksiko begitu eksotis.

1. Universitas tertua

Universitas nasional Mexico adalah universitas tertua di Amerika Utara. Universidad Nacional Autónoma de México (UNAM), didirikan pada tahun 1551 oleh Charles V, seorang Kaisar Romawi.

2. Tidak ada hadiah pada hari Natal

Anak-anak di Mexico tidak mendapatkan hadiah pada Hari Natal, melainkan pada tanggal 6 Januari. Tanggal tersebut merupakan hari di mana orang-orang Mexico merayakan El Dia De Reyes (Hari Raja).

3. Gempa bumi dan gunung berapi

Mexico terletak di “Ring of Fire”. Wilayah ini merupaan salah satu zona gempa bumi dan gunung berapi yang paling aktif di dunia. Popocatépetl dianggap sebagai gunung berapi paling berbahaya di Mexico, terletak hanya sekitar 70 km sebelah tenggara Mexico City.

10 Fakta tentang Mexico

4. Kelinci langka

Meksiko merupakan rumah bagi volcano rabbit yaitu kelinci yang sangat langka di mana koloninya berada dekat gunung berapi.

10 Fakta tentang Mexico

5. Sekilas tentang sejarah Mexico

Nama resmi Mexico adalah Estados Unidos Mexicanos (United State of Mexico). Negara Mexico, pada awalnya dinamai sesuai dengan ibu kotanya (Mexico City). Ketika orang-orang Aztec mendominasi sebagian besar negara tersebut pada abad 14 sampai 16, ibu kota tersebut disebut Mexico-Tenochtitlan. Setelah Spanyol menaklukkan kota tersebut pada abad ke-16, mereka menghancurkannya sekaligus membangun Mexico City di atas ibu kota Aztec dan nuansanya dibuat seperti kota-kota di Spanyol.

6. Mexico City

Sebagai ibu kota Mexico, setiap tahunnya terbenam setinggi 20 cm jika banjir datang. Infrastruktur kota di mana sistem drainase yang buruk diprediksi dapat menenggelamkan kota berpenduduk 21 juta jiwa ini.

7. Adu banteng

Adu banteng yang diperkenalkan oleh bangsa Spanyol, saat ini menjadi olahraga nasional yang populer di Mexico. Plaza Mexico, yang terletak di Mexico City, adalah arena adu banteng terbesar di dunia yang mampu menampung lebih dari 40 ribu penonton. Pertarungan sengit berlangsung setiap tahun, dari bulan November hingga bulan April.

10 Fakta tentang Mexico

8. Bendera Mexico

Terdiri dari tiga garis vertikal dan setiap garis memiliki arti yang berbeda. Garis hijau sebelah kiri mewakili harapan, garis putih di tengah mewakili kemurnian dan kesatuan, dan garis merah mewakili darah pahlawan bangsa. Gambar seekor elang yang sedang makan ular di tengah bendera, disebut Coat of Arms yang berasal legenda Aztec.

10 Fakta tentang Mexico

9. Chihuahua

Jenis anjing terkecil di dunia ini berasal dari Chihuahua, Mexico. Teori yang paling umum adalah bahwa chihuahuas keturunan dari techichi, seekor anjing yangcdiistimewakan pada saat peradaban Toltec berlangsung yaitu sekitar abad 9-11 masehi.

10 Fakta tentang Mexico

10. Jagung Mexico

Tidak hanya jagung, Mexico juga memperkenalkan coklat dan cabai ke penjuru dunia.

10 Fakta tentang Mexico