Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Teks & foto: Sharen Marcella

Sunrise kali ini berbeda dengan sunrise yang lain. Kalau biasanya sunrise di atas gunung atau pantai, kali ini di salah satu Situs Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site) UNESCO. Dimulai dari perjalanan mendadak ke Yogyakarta, saya dan 2 orang teman memutuskan untuk mengunjungi Candi Borobudur pada waktu sunrise. Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih satu setengah jam ke Kota Magelang, kami tempuh dengan mobil pada malam hari dan bermalam di Homestay Mbok Dhe yang berjarak 200m dari pintu masuk utama Candi Borobudur.

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Untuk dapat menikmati sunrise di Candi Borobudur, semua wisatawan harus membeli tiket yang hanya di jual di Hotel Manohara yang merupakan satu-satunya pintu masuk untuk sunrise yang sudah dibuka mulai pukul 04.30. Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp.325.000 dan untuk wisatawan asing Rp.450.000. Tiket juga sudah termasuk coffee break yang dapat dinikmati setelah melihat sunrise.

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Setelah membeli tiket, petugas hotel memberi senter untuk alat bantu penerangan dan juga peta. Selanjutnya kami berjalan dari lobby penjualan tiket ke arah candi dan mulai menaiki anak tangga sampai ke puncak. Semua spot foto yang menghadap ke arah sunrise sudah dipenuhi oleh wisatawan yang ingin mengabadikan momen sunrise ini dengan menggunakan tripod dan kamera yang sudah dijejerkan. Ditemani udara yang sejuk, warna langit pun perlahan berubah dan sang matahari yang sudah ditunggu-tunggu mulai terlihat sekitar pukul 06.05 dan menerangi seluruh bagian dari Candi Borobudur dan sekitarnya.

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Setelah melihat sunrise, kami memanfaatkan waktu untuk berfoto-foto selagi masih sepi dan belum dipadati pengunjung. Pengalaman sunrise di Candi Borobudur merupakan pengalaman yang harus dirasakan setidaknya sekali dalam seumur hidup. It was amazing and beyond expectation.

Sunrise Pertama di Candi Borobudur

Tips Sunrise Borobudur :

  1. Kami menyewa mobil Honda Brio Rp.325.000/24jam tanpa supir di Alif Transport Yogyakarta.
  2. Menginap di Homestay Mbok Dhe (200m dari pintu masuk Candi Borobudur, kalau ke hotel Manohara untuk sunrise disarankan membawa kendaraan karena jauh dari pintu masuk utama), dapat dipesan melalui Traveloka.
  3. Datang lebih awal jika ingin mendapat spot foto yang diinginkan.