EDITOR NOTES

Dear Travel Lovers

Dalam mencapai tujuan, manusia akan selalu melalui proses perjalanan dan terkadang perlu menempuh ribuan kilometer untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Begitu pun pengalaman spiritual, salah satu dari sekian ragam tujuan atau hal yang ingin dirasakan oleh banyak orang. Ada saatnya seseorang memerlukan perhentian yang bisa menjadi tempat kontemplasi untuk mengembalikan atau menambah energi positif bagi dirinya. Tak jarang seseorang pergi ke suatu tempat untuk sekedar menemukan ketenangan hidup atau yang lainnya seperti ingin lebih dekat lagi dengan Sang Pencipta misalnya.

Karena ini bicara soal keinginan dan cara masing-masing individu, bagi saya sah-sah saja seseorang mengeluarkan biaya yang begitu besar dan melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pengalaman spiritual. Bisa jadi mereka meyakini apa yang didapatkannya nanti meskipun tidak dalam bentuk materi, bisa melebihi apa yang dikeluarkan dan diusahakannya. Maka wajar jika trip ke destinasi yang bisa menyentuh sisi rohani maupun batin tetap banyak diminati oleh berbagai kalangan. Banyak tempat-tempat spritual di belahan dunia yang telah lama dijadikan tujuan bagi para traveler, beberapa di antaranya coba kami angkat di edisi Juni ini.

Tidak lupa, karena sekarang adalah bulan spesial bagi saudara kami yang Muslim, maka saya mewakili segenap jajaran direksi dan karyawan Travelxpose mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

EDITOR NOTES

Dear Travel Lovers

“We live in a wonderful world that is full of beauty, charm and adventure. There is no end to the adventures we can have if only we seek them with our eyes open” - Jawaharial Nehru.

Kalimat di atas mengingatkan saya ketika masih aktif sebagai pecinta alam, di mana kegiatan mendaki gunung menjadi hobi yang sering saya lakukan. Ada kenikmatan tersendiri ketika kaki menapaki jalan setapak, menghirup udara segar, berada di bawah rimbunnya hutan dan terutama setelah mencapai puncak, seolah rasa lelah terbayar lunas. Pastinya selalu mendapatkan pengalaman serta petualangan baru yang menarik dan tak pernah terlupakan.

Rasa puas memang tak pernah ada ketika kita disuguhkan dengan berbagai pilihan petualangan yang terhampar di permukaan bumi yang luas ini. Bagi saya mencari dan mencari lagi tempat-tempat eksotis untuk di jamah menjadi hal yang sangat mengasyikan. Mengajak keluarga saat berlibur dengan mengunjungi tempat anti mainstream untuk mendapatkan petualangan baru sepertinya menjadi sesuatu yang patut dicoba.

Merasa bosan dengan acara liburan keluarga yang biasa-biasa saja? Rekomendasi destinasi liburan keluarga yang diangkat Travelxpose di edisi kali ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk merencakan liburan dan bisa “membuka mata” betapa masih banyak pesona alam dan petualangan yang dapat dinikmati.

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

EDITOR NOTES

Dear Travel Lovers

Traveling identik dengan kegiatan bepergian ke suatu tempat baik itu untuk merasakan petualangan di alam atau memperoleh pengalaman seru dan menarik seperti menikmati suasana kota, menghanyutkan diri ke dalam budaya lokal, mencicipi kuliner, mencoba atraksi di taman wisata, shopping di pusat perbelanjaan dan lain-lain. Dari sekian banyak aktivitas yang dilakukan selama traveling tentu belanja menjadi acara yang nyaris dilakukan oleh setiap traveler.

Aktivitas belanja memang tak bisa dipisahkan dari traveling itu sendiri, karena hampir setiap orang yang melakukan perjalanan akan selalu bersinggungan tempat di mana terdapat barang-barang yang dijajakan atau pusat pertokoan untuk sekedar membeli atau memborong bermacam produk mulai dari souvenir, makanan, produk fashion sampai barang elektonik. Bahkan tak jarang ada juga traveler yang mengkhususkan perjalanannya hanya untuk berburu barang-barang yang diinginkan.

Buat kamu yang shopaholic dan yang ingin menikmati nuansa atau sekedar pengalaman belanja saat traveling di suatu destinasi, edisi kali ini Travelxpose memberikan rekomendasi buat kalian mengenai kota-kota mana saja yang dapat memberikan pengalaman luar biasa untuk urusan belanja. Selain itu masih banyak lagi artikel-artikel lainnya yang menarik dan patut kamu baca sampai tuntas. Dan jangan lupa untuk berbagi cerita pengalaman traveling kamu ke Travelxpose dengan mengirimnya ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

EDITOR NOTES

Dear Travel Lovers

Seni, adat dan budaya telah menjadi bagian dari perjalanan panjang peradaban umat manusia. Mengenal sejarah dan peradaban masa lalu, merupakan salah satu cara untuk memahami kondisi kehidupan masyarakat suatu bangsa di masa sekarang. Pearl Buck, seorang penulis kelahiran Amerika peraih penghargaan Pulitzer dan Nobel Kesusastraan pernah mengungkapkan bahwa “If you want to understand today, you have to search yesterday”. Sejalan dengan ungkapan itu sejarah memang penting untuk dipelajari agar kita mengerti latar belakang perkembangan yang terjadi saat ini, termasuk beberapa di antaranya mengenai seni, adat, budaya, bahasa dan sebagainya.

Mengenal sejarah tak melulu lewat bangku sekolah, ada cara lain yang tentunya tidak membosankan, lewat traveling misalnya. Tentunya ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memahami perjalanan sejarah dan peradaban dengan cara yang lebih seru.

Edisi 4 (Maret 2018) Travelxpose mengangkat artikel tentang kota-kota yang kaya akan seni, budaya serta peradaban peninggalan masa lalu hingga modern. Semoga edisi ke empat ini bisa menjadi sumber inspirasi dalam menentukan pilihan destinasi bagi kamu yang haus akan sejarah, seni serta budaya. Dan jangan lupa untuk mengirim cerita mengenai pengalaman
seru kamu ke alamat : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers,

Traveling buat sebagian orang sudah menjadi suatu kebutuhan. Namun akan berbeda ceritanya dan terasa lebih indah jika perjalanan tersebut dilakukan bersama pasangan tercinta. Tak sekedar menikmati sunset di tepi pantai, tapi bisa juga menjajal pengalaman yang sedikit menantang seperti berperahu di arus liar atau menikmati taman nasional dengan balon udara. Nah, di edisi kali ini Travelxpose menayangkan tulisan mengenai destinasi-destinasi pilihan yang bisa kamu sambangi bersama pasanganmu di 2018.

Di bagian lain, kontributor kami yaitu Sebastian Adityo Prabowo turut berbagi cerita tentang perjalananya menelusuri Kota Luzern, Swiss. Menurutnya, selain kotanya yang tenang, objek-objek wisatanya pun sangat menarik. Nah, seperti apa gambaran kotanya dan apa saja yang bisa dilakukan di sana, silahkan baca artikelnya sampai tuntas.

Untuk domestiknya, seperti biasa Abdul Aziz sang petualang dari timur, kali ini memaparkan perjalanannya yang cukup mendebarkan. Bersama anak dan istrinya mencoba menyeberangi lautan dengan menggunakan perahu menuju Pulau Labengki di bawah guyuran hujan dan badai. Perlu diketahui, selain sebagai tempat wisata, Labengki juga menjadi kawasan konservasi kima (kerang raksasa) yang sangat dijaga kelestariannya, menarik bukan?

Buat kamu yang ingin berbagi cerita dan pengalaman seru saat traveling ke Travelxpose, bisa mengirimkan tulisan berikut fotonya atau video ke alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Untuk video durasi maksimal adalah 15 menit dan besar file maksimal 250 MB. Video yang layak tampil akan kami tayangkan di www.travelxpose.com.

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers,

Tak terasa tahun telah berganti, mungkin banyak dari kita yang sudah mendapatkan apa yang dicita-citakan atau barangkali masih ada harapan tertinggal yang masih perlu dikejar. Apapun itu, di tahun 2018 ini, semoga menjadi tahun yang lebih menyenangkan, mendapatkan limpahan rezeki, dan tak kalah pentingnya tetap bisa melakukan traveling ke banyak destinasi lagi! Bicara kesenangan, yang suka jalan-jalan tentu lebih sering mengalaminya. Menemukan lokasi baru, pengalaman baru, bahkan teman baru bisa memberikan rasa yang tak terlukiskan dengan kata-kata. Untuk mendapatkan kesenangan itu segala sesuatunya perlu disiapkan jauh-jauh hari, mulai dari budget, akomodasi dan tentunya destinasi yang akan dituju.

Sebagai referensi, di edisi kali ini, Travelxpose mengangkat beberapa destinasi yang mungkin masih asing atau jarang terdengar. Semuanya dirangkum dalam artikel Destinasi Terbaik 2018 meliputi 18 kota dari beberapa negara di dunia.

Di samping itu ada artikel menarik lainnya yang mengangkat destinasi wisata di wilayah Samudera Pasifik yaitu Pulau Saipan. Pulau terbesar yang menjadi ibukota dari Commonwealth of the Northen Mariana Islands ini memiliki pesona yang luar biasa.

Edisi Januari ini menjadi edisi pembuka di tahun 2018, besar harapan kami Travelxpose tetap hadir dan terus bisa memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat terutama pecinta traveling. Tak lupa saya mewakili keluarga besar Travelxpose mengucapkan Selamat Tahun Baru 2018, semoga sukses selalu menyertai kita semua. Amin.

Happy Traveling !

Yohanes Chrismanto Mantiri
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers

Tujuh tahun sudah Travelxpose memberikan beragam informasi terkait dengan dunia traveling. Selama kurun waktu tersebut, tak terasa 80 edisi telah kami terbitkan dengan konten yang informatif serta berkualitas. Beragam masukan dan kritik, baik dari pembaca setia maupun pihak sponsor telah menjadi acuan kami untuk lebih bersemangat lagi membenahi Travelxpose agar tetap dicintai dan menjadi rujukan bagi para traveler.

Di sisi lain semakin berkembangnya dunia informasi digital, membuat banyak orang dengan mudah mendapatkan bermacam informasi secara cepat dan up to date. Hal ini membuat kami merasa perlu bertransformasi dari majalah reguler atau bentuk cetak ke versi digital. Desember 2017 ini menjadi momen penting bagi perkembangan Travelxpose, di mana kami menghadirkan edisi perdana majalah Travelxpose dalam versi digital yang menggantikan majalah reguler sebelumnya. Anda pun bisa mengunduh secara gratis atau membacanya langsung di www.travelxpose.com.

Kami juga lakukan perubahan terhadap tampilan website agar lebih nyaman dan memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi. Tak hanya itu, beragam informasi mengenai destinasi-destinasi favorit dan artikel menarik lainnya bisa Anda dapatkan melalui media sosial travelxpose seperti facebook, instagram dan twitter. Hal ini tentunya akan semakin memberikan banyak pilihan cara dalam menggali bermacam informasi menyangkut perjalanan sehingga membuat traveling Anda semakin menyenangkan.

Happy Traveling!

Yohanes Chrismanto Mantiri


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers,

Semakin banyak kita melakukan perjalanan, semakin mudah kita bersyukur kepada Tuhan, karena kita akan selalu melihat keindahan ciptaanNya. Oleh karena itu, kami selalu semangat menampilkan destinasi menarik untuk Anda pembaca setia kami, di setiap edisi.

Di nomor ini, Anda akan melihat berbagai keindahan alam dari berbagai belahan dunia termasuk dari tanah air tercinta. Mulai dari USA, Korea, Tiongkok, Jepang hingga Indonesia semuanya kami rangkum dalam edisi 80. Destinasi dari negara-negara tersebut memang tak pernah habis untuk diceritakan dan disajikan dalam majalah ini. Alam, kota sampai ke desa-desanya pun selalu menarik untuk disambangi dan mampu memberikan pengalaman serta petualangan yang mengesankan. Dan sudah menjadi keharusan bagi kami untuk selalu menampilkan gambaran mengenai destinasi-destinasi tersebut secara menarik.

Semoga Travelxpose semakin menjadi majalah travel terdepan, yang selalu memberi inspirasi bagi pembaca. Terima kasih untuk kepercayaan Anda.

Happy Traveling!


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travelers,

Tahun baru telah berlalu. Akhir Januari, kita memasuki fase yang biasa kita kenal sebagai Chinese New Year alias Imlek. Di banyak negeri Asia yang didiami etnis China, imlek telah menjadi momentum penting, sekaligus waktu untuk memburu peruntungan.

Tahun 2017 yang diyakini dalam penanggalan China sebagai tahun ayam api. Elemen api menjadi unsur yang dominan di tahun ini, hal tersebut diyakini akan mendatangkan kehangatan dan ketenangan batin di dalam menjalin hubungan antar pribadi. Tahun ayam api juga dipercaya sebagai tahun di mana kesempurnaan menjadi prioritas utama dan menjadi waktu terbaik untuk menemukan cinta dalam hidup Anda.

Bicara soal cinta, di bulan Februari ini juga ada momen penting yang banyak orang turut merayakannya yaitu Hari Kasih Sayang. Berkenaan dengan itu kami pun ingin memberikan inspirasi kepada Anda yang ingin menikmati liburan bersama orang terkasih melalui rubrik X-List yang bertema “10 Best Celebrate Love”, membahas tempat-tempat yang bisa menjadi lokasi romantis untuk menghabiskan liburan bersama pasangan Anda.

Selain itu kami juga menampilkan beberapa destinasi yang bisa menjadi rujukan untuk merencanakan liburan Anda di edisi ini seperti Tibet, Berlin, Pulau Komodo, Jodipan di Malang dan Banjarmasin. Jadi, giatlah menjelajahi berbagai kota. Siapa tahu, Anda beruntung dapat menginjak tempat yang diimpikan selama naungan tahun Ayam Api ini.

Regards!


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers,

Akhir tahun sudah di depan mata, banyak dari kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya dengan penuh suka cita. Entah itu dengan merancang acara pergantian tahun atau menyusun rencana perjalanan untuk menghabiskan masa liburan bersama orang-orang tercinta. Apapun yang Anda lakukan pastikan semuanya benar-benar dipersiapkan dengan matang agar berjalan sesuai rencana. Bagi yang ingin merencanakan liburan, edisi kali ini Travelxpose memberikan ide-ide mengenai destinasi yang bisa dijadikan bahan
pertimbangan bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan di akhir tahun. Informasi tersebut bisa Anda baca di rubrik X-List yang mengulas tentang 10 destinasi favorit untuk liburan di penghujung atau awal tahun. Kami berharap informasi tersebut bisa menjadi masukan bagi Anda.

Di bagian lainnya, Travelxpose juga menampilkan artikel dari rekan kami yaitu Firman Moyari yang pada medio oktober lalu melancong ke negeri Jepang, guna memenuhi undangan dari pihak Japan National Tourism Organization (JNTO). Pengalaman perjalananya tertuang dalam tulisan sepanjang 10 halaman. Semoga paparan ini bisa memberikan
referensi bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan ke negeri sakura tersebut.

Zagreb kota di Kroasia juga tak luput dari pembahasan kami di edisi ini. Kota sejarah yang kaya budayanya tersebut sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata sepanjang tahun bagi yang ingin berlibur sendiri, bersama pasangan, teman atau keluarga. Kota lainnya yang kami angkat dari dataran Eropa adalah London, kota yang tak
pernah luntur pesonanya. Selain itu masih banyak lagi rubrik-rubrik menarik lainnya yang bisa Anda baca. Selamat menikmati Majalah Travelxpose edisi 76 (November) ini.

Happy Traveling!

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travel Lovers,

Kesendirian terkadang membuat kita merasa bebas. Bebas menentukan apa saja sesuai keinginan. Seperti halnya ketika melakukan perjalanan seorang diri, destinasi yang dipilih, waktu, akomodasi mengikuti apa yang kita mau tanpa harus tergantung dengan orang atau teman seperjalanan. Edisi kali ini Travelxpose mengangkat kembali destinasi-destinasi yang bisa dijadikan tempat berlibur seorang diri, siapa tahu Anda bisa menemukan ide dalam kesendirian di tempat tersebut.

Untuk peminat sejarah, kami juga menampilkan artikel Lembah Loire yang menceritakan tentang kotanya yang dikenal memiliki banyak kastil dan penuh dengan sejarah yang melatarinya. Kota ini sangat menarik untuk dijelajahi, siapa tahu setelah membaca tulisan tersebut Anda berniat mengunjunginya. Di halaman berikutnya ada tulisan tentang Kota Firenze, sebuah kota di Italy yang menjadi rumah bagi karya-karya fenomenal para maestro. Bagi yang mencintai seni, mungkin ini bisa menjadi rujukan lokasi berlibur yang akan memberikan inspirasi.

Dari daratan Asia, Travelxpose coba mengangkat Alishan, sebuah daerah di dataran Taiwan. Tempat ini bisa dijadikan destinasi utama jika Anda ingin berlibur ke Taiwan, karena alam dan fenomena yang ada di sana memang benar-benar sangat indah dan spektakuler, sayang jika dilewatkan.

Edisi kali ini ada yang istimewa, booklet berisi tentang atraksi-atraksi teratas di Kota London alias yang paling banyak diminati para wisatawan melengkapi majalah tercinta ini. Semoga booklet persembahan dari Bank OCBC NISP ini bermanfaat dan bisa memberikan ide bagi Anda yang ingin traveling ke London.

Happy Traveling!

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

Dear Travelers,

Tak terasa September telah menyapa kita dan tahun 2016 hanya tinggal tiga bulan lagi. Tiga bulan tidaklah terlalu lama. Terlebih kesibukan yang mendera membuat hari-hari seperti berjalan begitu cepat. Tak salah jika menyisihkan waktu sejenak, memikirkan rencana-rencana ke depan termasuk salah satunya mempersiapkan liburan di akhir tahun. Mungkin di antara kita ada yang sudah mepersiapkannya jauh-jauh hari atau beberapa bulan yang lalu. Tak salah memang, karena dengan begitu kita akan banyak punya waktu untuk menggali beragam informasi mengenai destinasi yang akan dituju sehingga akan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya yang dikeluarkan nantinya.

Bagi yang belum punya rencana dan berniat ingin menikmati liburan akhir tahun bersama teman, pasangan maupun keluarga, masih ada waktu yang cukup untuk mengatur jadwal liburan terutama untuk pilihan lokasi yang jauh dengan biaya yang tidak sedikit. Ya minimal tiga bulan sebelum waktu liburan tiba kita sudah mulai menyusun rencana agar liburan benar-benar berkualitas. Bulan ini marak diselenggarakan acara travel fair di beberapa kota di tanah air baik skala besar maupun kecil. Di Jakarta sendiri tercatat ada 2 event yang menyedot perhatian publik pertama Kompas Travel Fair (KTF) yang berlangsung di JCC pada 2-4 September 2016 dan Japan Travel Fair (JTF) yang diadakan di Mall Kota Kasablanka pada 10-12 September 2016. Semoga Anda pun bisa memanfaatkan momen ini untuk memperoleh tak hanya paket liburan menarik di akhir tahun yang ditawarkan oleh agen-agen perjalanan tapi juga potongan harga untuk transportasi maupun akomodasinya.

Sementara dari meja redaksi, kami ingin menginformasikan bahwa mulai edisi September ini ada penambahan beberapa rubrik yang bertujuan tak lain untuk lebih memperkaya isi majalah Travelxpose. Dengan penambahan rubrik ini kami berharap semoga Travelxpose selalu bisa memberikan bahan bacaan mengenai perjalanan yang informatif dan memuaskan bagi para pembacanya.

Happy Traveling!

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

PANJANG UMUR TRAVELXPOSE!

Edisi ini istimewa. Ada liputan awak redaksi full team jalan-jalan ke Bandung. Iya, “cuma” ke Bandung, namun acara serupa itu baru sekali ini dapat dilaksanakan. Kami ke Bandung bukan sekadar pelesir, tapi untuk merayakan ulang tahun majalah Travelxpose yang ke-6. Makan ala raja-raja, menginap di hotel luar biasa dan bermain di lokasi istimewa. Kami semua bersuka, kami semua bahagia.

Kami sangat gembira, karena di usia ini, team redaksi terasa sangat utuh, kompak dan solid. Perkembangan sales meningkat, ide-ide penulisan menarik juga makin banyak disodorkan saat rapat redaksi. Dan menjalin kerjasama baru, terus dilakukan.

Begitu pula dengan jalinan komunikasi dan persahabatan dengan beberapa pihak di luar negeri. Jaringan hotel internasional di Singapura, Bangkok dan Vietnam, Japan Tourism Board, Tourism Western Australia, dan beberapa duta besar negara-negara Eropa, kerap menawarkan undangan pada Travelpose untuk meliput kegiatan/acara di negara mereka. Hubungan akrab negeri itu terjalin, tentu karena saling percaya sejak lama.

Relasi di dunia bisnis juga terbilang dekat. Dari industri penerbangan, perhotelan, kuliner, otomotif roda empat dan dua, agency, kosmetika dan lain-lain, yang tidak mungkin disebut semuanya. Intinya, kami menjadi partner berpromosi yang menyenangkan.

Yang sangat penting adalah, kami mengucap terima kasih pada semua. Pada relasi, klien, nara sumber, kontributor dalam dan luar negeri, dan semua pihak yang telah mendukung majalah Travelxpose sepanjang tahun ini. Kami akan selalu melakukan yang terbaik. Semoga kerjasama dan dukungan yang selama ini ada, akan terus berjalan dengan baik.

Selamat ulang tahun majalah Travelxpose. Semoga panjang umur!


Yoni Soelistiyono
Managing Director

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

SEGENAP PIMPINAN DAN KARYAWAN TRAVELXPOSE.COM
MENGUCAPKAN:

- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H -

MINAL AIDIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

 


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA

Memasuki paruh kedua tahun 2016, redaksi perlu mengucapkan banyak terima kasih pada banyak pihak yang begitu banyak membantu dan mendukung majalah Travelexpose ini hingga seperti sekarang. Beragam artikel tercipta di sini, berkat undangan dari berbagai pihak. Tentu sebagai wujud kepercayaan, pada redaksi.

Seperti perjalanan Rani Insani ke Jepang akhir bulan lalu. Awak redaksi ini 7 hari kelilingan di Tohoku atas undangan Tohoku District Transport Bureau. Selain mengunjungi obyek wisata menarik, fam trip ini juga memperkenalkan budaya tradisional Jepang. Undangan lain yang datang ke meja redaksi, dari Japan National Tourism Organization (JNTO). Ini juga tawaran untuk stay di Jepang selama 5 hari. Ardi yang kami berangkatkan ke Negeri Sakura, tapi
menjelajahi daerah lain.

Undangan di dalam negeri, datang dari PT. Krama Yuda Tiga Berlian Motors, untuk test drive Mitsubishi All New Pajero di Bali. Ini juga merupakan penghargaan bagi kami, karena peliputan itu dilakukan bersama 40-an media otomotif ternama di Indonesia.

Selain beberapa undangan tadi, Travelxpose juga dipercaya Tourism Western Australia (TWA) menjadi salah satu media berpromosinya. Itu sebabnya, di edisi ini kami siapkan banyak halaman untuk mengulas habis-habisan soal Australia Barat. Semoga banyak informasi bisa dimanfaatkan sebagai panduan sebelum terbang ke Perth.

Bentuk lain apresiasi pihak lain pada Travelxpose adalah pemberian penghargaan dari Grup Santika Indonesia Hotels & Resorts. Travelxpose dianugerahi award sebagai The Outstanding Contributor for Media, bersanding dengan Harian Kompas dan Koran Tempo.

Matur nuwun.. .


Yoni Soelistiyono
Managing Director


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

BANYAK ACARA, SERU SEMUA

Bulan April cukup sibuk bagi kawan-kawan redaksi. Di soal promosi, sekurangnya ada 3 pameran yang diikuti majalah Travelxpose. Yang pertama, Deep & Extreme Indonesia pada 31 Maret – 3 April, disusul Inacraft 20 -24 April. Enggak sampai seminggu, mesti loading barang lagi di Garuda Indonesia Travel Fair (29 April – 1 Mei). Meski ada SPG, semua tetap ikutan bergantian jaga.

Kawan lain, Rani Insani kebagian terbang ke Jepang, kelilingan di Tohoku Region seperti Fukushima, Miyagi, Iwate dan Aomori prefecture. Sayang, ketika edisi ini naik cetak, Rani yang tinggal di sana 8 hari, masih dalam perjalanan kembali ke Tanah Air.

Sedangkan saya, diundang Air France-KLM untuk merasakan duduk di kabin business class terbaru dari Jakarta ke Kuala Lumpur. Iyalah, tempat duduknya lega banget dan bisa direbahkan rata jadi tempat tidur. Yang istimewa bukan cuma televisi layar sentuh ukuran besar, tapi perjalanan itu ditemani Farah Quinn. Rupanya, resep masakan Farah ini menjadi hidangan resmi penerbangan KLM.

Indran Bayu, Redaktur Palaksana, bertugas ngobrol dengan Dikna Faradiba Maharani yang Putri Pariwisata Indonesia. Obrolannya menarik, karena Dikna banyak bicara soal kenangan perjuangan untuk meraih sukses sekarang. Termasuk, harapannya terhadap parisiwata kita.

Liputan menarik lain soal petualangan Wijaya Kusuma Subroto dan kawan-kawan dalam Indonesia Rider Expedition di Himalaya dengan sepeda motor. Ini perjalanan penuh tantangan. Jalanan yang dilalui sangat berat, tanjakan sangat tinggi, suhu udara sangat dingin dan oksigen minim. Ditambah dengan beberapa motor rusak, rombongan ini memutuskan turun dari ketinggian 4.200 meter. Mereka akan ke sana lagi, karen target mencapai Lomanthang di ketinggian 5.800 meter gagal. Yang pengin ikut naik motor mendaki gunung Himalaya, daftar paketnya saja..


Yoni Soelistiyono
Managing Director


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

BELUM AMAN, GIMANA BISA NYAMAN?

Cara paling gampang mendorong kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia dengan memberikan fasilitas bebas visa. Setidaknya, begitulah penjelasan Amir Yahya, Menteri Pariwisata belum lama ini. Jika tahun kemarin 90 negara, sepanjang tahun 2016 ini akan ditambah lagi 80 negara. Artinya, bakal ada 170 negara yang warganya bebas melenggang masuk imigrasi negeri ini.

Dalam konteks ini, Malaysia selalu dijadikan bench mark lantaran mampu mendatangkan 25 juta wisatawan dari 162 negera yang dibebaskan visanya. Sedangkan Indonesia, ‘baru’ 10 juta orang. Apakah Indonesia lantas mampu menandingi Malaysia setelah membebaskan visa lebih banyak negera?

Agak berat memastikan itu. Karena banyak faktor mempengaruhi jumlah kedatangan pelancong ke Indonesia. Utamanya soal keamanan untuk menciptakan kenyamanan. Masih ingat teror bom di Jl. Sudirman belum lama ini? Banyak orang Jepang langsung membatalkan flight ke Jakarta karena pemerintah Jepang mengimbau warganya tidak ke Indonesia.

Tak beda dengan demo pengemudi sopir taxi di Jakarta memprotes taxi berbasis online. Alih-alih menyuarakan protesnya, berita yang terekspose malah anarkisme sopir-sopir taxi Blue Bird dan taxi Express layaknya preman tak beradab. Foto seorang ibu menggendong anak dipaksa keluar dari taxi dan kaca taxi pecah, menghiasi dinding social media. Bahkan video sesama sopir taxi baku pukul dan saling tendang, menjadi viral di dunia maya.

Langkah Kementerian Pariwisata membuka kran visa, lantas menjadi runyam, gara-gara ulah mereka. Kondisi ibukota dan di dalam negeri sepertinya belum mendukung. Ini belum bicara soal panjangnya antrian, tidak informatif dan menjengkelkan di loket imigrasi kedatangan bandara Soekarno-Hatta.

Terus gimana dong ?


Yoni Soelistiyono
Managing Director


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

ATAS NAMA CINTA

Ada agenda penting bulan ini. Pertama soal perayaan tahun baru Cina, Imlek dan hari Valentine. Semuanya menyedot perhatian banyak pelaku industri pariwisata untuk ikutan meramaikan event itu. Paket-paket menginap yang di-bundling dengan selebrasi tahun baru, dan doorprize rejeki angpao, banyak dilakukan hotel di Tanah Air. Lantaran jarak waktu berdekatan, paket romantic dinner juga digelar di resto-resto hotel itu dengan menawarkan suasana dan kesyahduan atas nama cinta. Majalah Travelxpose, termasuk yang meramaikan hari Valentine dengan bagi-bagi hadiah untuk pembaca, teman FB dan media-media lain. Caranya, dengan upload foto berdua pasangan plus menuliskan rayuan pendek atau puisi singkat. Hadiahnya, makan malam romantis untuk 4 pasang. Thanks to Holiday Inn Kemayoran dan Wine & Meat Co. yang telah mendukung program ini.

Destinasi penuh cinta juga ditulis di edisi ini. Setidaknya ada 10 tempat/lokasi indah untuk berdua kekasih. Riviera di Meksiko, Quangxi di Cina, Kawasan Karibia, Bruges di Belgia, Cinque Terre di Italia, San Sabastian di Spanyol, Vienna di Austria dan Provence di Prancis. Untuk dalam negeri, kami rekomendasikan Magelang dan Bali. Apa istimewanya, mesti baca artikelnya ya. Liputan wisata dalam negeri cukup banyak. Ada kisah Belitung yang makin moncer karena ada film Laskar Pelangi. Juga, asyiknya berpetualang menjelajahi Gua Pindul di Yogyakarta. Cerita jalan-jalan ke Pulau Menjangan dan Taman Nasional Baluran juga dituturkan pembaca yang ke situ bersama 7 rekan sekantornya. Banyak tips yang ditulis, biar perjalanan makin nyaman.

Soal gerhana matahari total yang akan terjadi awal Maret juga kami tulis. Setidaknya 11 provinsi di Indonesia yang jadi ‘tuan rumah’ dan ketiban rejeki atas fenomena alam itu. Karena dipastikan, wilayah yang dilewati gerhana matahari total akan kedatangan banyak wisatawan domestik maupun internasional. Seperti Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara, pasti menjadi ramai. Apalagi, Kota Palu di Sulawesi Tengah yang menjadi tuan rumah diskusi internasional soal gerhana dan telah dikonfirmasi 3.000 orang cerdik pandai akan datang dan melakukan observasi.
Ah, makin cinta Indonesia...


Yoni Soelistiyono
Managing Director


 

Read Online    Download PDF

A NOTE FROM US

GELIAT 2016

Bagi kawan redaksi, liburan Natal dan pergantian tahun yang baru saja berlalu, ibarat pisau bermata dua. Senang, karena bisa kumpul sanak keluarga dan silaturahmi. Tapi di sisi lain, kami harus kerja ekstra keras menuntaskan semua materi. Setidaknya dua minggu sebelum libur, intensitas kesibukan sangat terasa. Yang baru pulang dari liputan di Jepang, harus segera setor naskah. Yang baru balik dari Korea, mesti langsung mengetik. Kontributor juga dihubungi agar mempercepat kisah perjalanannya. Begitulah yang terjadi setiap menjelang pergantian tahun. Semua sibuk, tapi semua tetap semangat.

Adalah prediksi banyak kalangan perbankan yang optimis, perekonomian Indonesia membaik. Tingkat inflasi terkendali dan diprediksi sekitar 3%, nilai tukar rupiah diapresiasi paling tinggi se Asia (setelah depresi) dan beberapa indikasi lain yang positif. Di sektor terkait pariwisata, pembangunan hotel baru sangat agresif dan menjanjikan. Bisa dilihat di rubrik Expose News, beberapa grup perhotelan meresmikan jaringan hotel barunya. Begitu pula bisnis pendukung wisata seperti penerbangan, Jetstar Asia juga membuka jalur penerbangan langsung dari Singapura ke Palembang PP. Dan dalam waktu dekat, akan menambah jalur Pekanbaru – Singapura.

Belum lagi, banyaknya agenda event skala menengah dan besar, yang bakal digelar sepanjang 2016 di banyak kota di Tanah Air. Sudah pasti, kegiatan begituan bikin roda perekonomian menggeliat. Seperti dibilang Syamsul Lussa, Staf Ahli Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, industri pariwisata Indonesia terus membaik dan makin jaya.

Sama optimisnya dengan awak redaksi pada tahun 2016. Promosi wisata luar negeri seperti Australia Barat, Jepang, Taiwan, Korea Selatan dan Malaysia, menjadi ruang kami berkarya. Demikian pula di dalam negeri. Meningkatnya kesadaran pemerintah daerah mempromosikan wisata di kawasannya, jelas membuat kami bakal sibuk.


Yoni Soelistiyono
Managing Director


 

Read Online    Download PDF