Tetap Nyaman Selama Medical Trip

Mengantar keluarga untuk berobat ke luar kota atau luar negeri, tidak harus menjadi perjalanan yang menjemukan apalagi melelahkan.

Jika segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan cermat, tentu selama perjalanan maupun di saat proses pengobatan baik pengantar maupun pasien akan tetap merasa nyaman.

Bukan hal yang mustahil pula, untuk kondisi tertentu si pasien bahkan bisa diajak berwisata selama proses atau setelah pengobatan itu selesai. Tentu hal ini akan membantu proses recovery bagi pasien tersebut jika dilakukan dengan benar. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Tetap Nyaman Selama Medical Trip

1. ADMINISTRASI

Sebelum berangkat, pastikan semua di bawah ini sudah Anda siapkan:

  • Rekam jejak kesehatan sang pasien, mulai dari hasil pemeriksaan lab sampai foto rongent bila ada, dan dokumen-dokumen penting lainnya yang berhubungan dengan riwayat penyakit pasien.
  • Surat pengantar dari dokter di tempat asal untuk dokter di rumah sakit tujuan.
  • Jadwal konsultasi dengan dokter di rumah sakit tujuan. Pastikan jadwalnya sudah fixed dan bukan waiting list.
  • Nomor telpon darurat sang dokter. Just in case Anda memerlukannya dalam keadaan darurat.

Tetap Nyaman Selama Medical Trip

2. GOOD MOOD

Walaupun bepergian jauh untuk berobat, pastikan Anda dan pasien yang Anda antar selalu berada dalam keadaan gembira. Yang pasti Anda harus lebih sabar dan lebih toleran. Ada beberapa cara untuk menjaga agar mood Anda dan pasien selalu baik:

  • Persiapkan perlengkapan untuk kenyamanan pasien selama di perjalanan maupun di tempat tujuan: pakaian yang nyaman, obat-obatan dan makanan khusus (bila pasien harus menjalani diet tertentu), kursi roda dan alat bantu lainnya (bila diperlukan). Kondisi yang nyaman dan perut kenyang, bisa membuat hati tenang.
  • Siapkan bacaan dan atau play list yang dapat meningkatkan semangat dalam gadget Anda. Sangat bermanfaat untuk menemani Anda saat harus menunggu.
  • Jika memungkinkan, ajaklah seorang asisten/teman/keluarga untuk menemani. Setidaknya Anda bisa bergantian menjaga atau menemani pasien jika harus dirawat, dan bisa istirahat yang cukup.
  • Jika kondisi pasien memungkinkan, ajak juga pasien untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kota atau negara yang dikunjungi. Jadi selain pergi untuk berobat, pasien dan Anda bisa sekalian refreshing agar tidak stress.

Tetap Nyaman Selama Medical Trip

3. STAMINA DAN FISIK YANG PRIMA

Sebagai pengantar, Anda harus memastikan bahwa:

  • Anda sedang dalam keadaan sehat. Mengantar pasien ke rumah sakit dalam keadaan sedang tidak sehat, sangat beresiko untuk menularkan atau tertular virus dari pasien lain.
  • Fisik Anda harus benar-benar kuat, karena ada kemungkinan Anda harus banyak berjalan dari tempat menginap ke tempat berobat, dan atau Anda harus banyak jalan berpindah dari ruang konsul yang satu ke ruang konsul lain di rumah sakit tujuan.

Tetap Nyaman Selama Medical Trip

4. AKOMODASI

Pilihan akomodasi selama di tempat tujuan juga penting untuk dipersiapkan dengan baik.

Anda dapat memilih untuk tinggal di hotel atau di apartemen. Untuk kunjungan /pengobatan dalam jangka waktu lama, Anda dapat memilih apartemen yang biayanya relatif lebih ekonomis dibanding hotel.

Perhatikan jarak dari tempat tinggal ke rumah sakit. Apapun alternatif akomodasi yang Anda pilih, sebaiknya cari tempat tinggal yang walking distance ke rumah sakit. Supaya lebih praktis dan menghemat waktu.