Jika Anda Tergigit Ular

Jika Anda Tergigit Ular

Berpetualang di alam bisa memberikan banyak pengalaman yang seru, namun tak jarang pula sering menjumpai hal hal yang menakutkan, bertemu binatang buas salah satunya. Keberadaan hewan buas terkadang sulit terdeteksi, mereka sewaktu waktu dapat mengancam nyawa jika kita minim pengetahuan terhadap medan yang dilalui atau cara penanganan saat mendapatkan serangan. Tergigit ular berbisa merupakan contoh kasus yang sering terjadi, jika Anda mengalami hal tersebut berikut ini tindakan yang perlu diambil:

  1. Tetap tenang
  2. Jangan gerakan tangan atau kaki yang tergigit dan tetap setenang mungkin, hal ini untuk menjaga dari penyebaran racun keseluruh tubuh.
  3. Lepaskan perhiasan (jika memakai di kaki atau tangan) Anda sebelum kaki atau tangan membengkak.
  4. Bersihkan luka tapi jangan disiram dengan air lalu tutup dengan pembalut yang bersih dan kering
  5. Kenakan belat (sejenis kayu atau papan yang biasa digunakan jika terjadi patah tulang) di daerah yang terluka untuk mencegah pergerakan. Pemasangan belat jangan terlalu kencang agar tidak membatasi aliran darah.
  6. Hindari mengompres luka dengan air dingin atau es, hal ini akan mendorong racun lebih cepat masuk ke dalam kulit.
  7. Jangan gunakan torniket pada luka bekas gigitan ular.
  8. Tidak perlu menghisap racun, karena mulut banyak mengandung bakteri yang dapat meningkatkan resiko infeksi pada luka.
  9. HIndari minuman yang mengandung kafein atau alcohol.
  10. Tinggalkan ular yang telah menggigit Anda dan jangan coba menangkapnya, cukup dengan mengingat bentuk dan warnanya saja sebagai gambaran untuk tindakan yang harus dilakukan oleh tim medis.