Ini yang Harus Disiapkan Saat Solo Camping

Solo Camping

Suatu waktu mungkin Anda yang gemar berpetualang di alam liar bisa melakukan Solo Camping. Memang sebuah tantangan yang lumayan berat, bayangkan saja, Anda berkemah beberapa malam seorang diri di tengah belantara hutan. Jika Anda yakin mampu mengatasinya, tak ada salahnya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Emergency Pack Kit

Paket ini harus berisi peralatan untuk kondisi darurat seperti: korek api, kompas, pemurni air, senter, cermin dan pisau serba guna. Semuanya harus tersimpan dalam kantong atau tas yang tahan air (waterproof).

2. Alat Komunikasi

Pilihlah handy talky yang memiliki kapasitas baterai besar dan jangkauannya jauh. Pastikan selalu dalam kondisi mati untuk menghemat pemakaian baterai. Gunakan hanya saat terjadi perubahan cuaca yang mendadak atau kondisi darurat lainnya. Pastikan bahwa, petugas yang bertanggung jawab mengetahui lokasi Anda beraktivitas.

3. Kenali tanda-tanda kesehatan tubuh

Pelajari beberapa gejala klinis yang biasa terjadi seperti: dehidrasi, heat stroke dan hipotermia. Perhatikan pula riwayat kesehatan Anda, sehingga dapat diambil tindakan cepat saat kondisi darurat.

4. Aktivitas yang aman

Lakukan aktivitas yang cukup aman, karena Anda hanya sendirian. Jika tidak memungkinkan, hindari aktivitas climbing. Anda bisa mencoba kegiatan lain yang relatif bisa Anda atasi sendiri jika terjadi musibah.

5. Praktek

Sebaiknya Anda mencoba semua peralatan yang akan dibawa, sebelum menghadapi medan yang sesungguhnya. Pasang dan bongkar tenda di halaman rumah, lakukan simulasi jika terjadi kondisi darurat. Latihan-latihan tersebut akan meningkatkan ketrampilan dan mental Anda.