Cara Terbaik Menjelajahi Gurun

Desert Adventure

Menjelajah hutan dan gunung mungkin sudah biasa dilakukan. Jika Anda ingin mencoba melakukannya di gurun, ada baiknya menyiapkan segala hal penting untuk mengatasi tantangan yang ada.

  1. Pengenalan Medan. Penting untuk mengetahui kondisi medan yang akan dijelajah. Termasuk cuaca, suhu udara, sumber air, tanaman, lokasi penduduk terdekat dan nomor telepon darurat setempat. Semua informasi bisa didapatkan dari orang yang berpengalaman atau situs terkait di internet. Hal ini dibutuhkan untuk menyusun rencana perjalanan.
  2. Scheduling. Berdasarkan informasi di atas, susunlah jadual yang akurat untuk meghindari kondisi yang membahayakan, seperti badai gurun.
  3. Navigasi. Bukit pasir di gurun sangat cepat berubah bentuk karena tiupan angin. Anda harus menyiapkan perangkat GPS agar tidak kehilangan arah. Seandainya terjebak di tengah badai, Anda bisa mencari tempat berlindung seperti gua atau bebatuan besar.
  4. Survival Tools. Kebutuhan utama di gurun adalah air. Bawalah tempat air yang fleksibel, sehingga mudah digunakan. Pisau komando mungkin dibutuhkan untuk mencari air di bawah pasir atau untuk berjaga dari serangan hewan berbahaya.
  5. Comfort Wearing. Gunakan pakaian berwarna terang, dan hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung. Termasuk sepatu dan topi. Pada malam hari biasanya suhu udara turun drastis sehingga perlu menyiapkan pakaian tambahan untuk menghangatkan tubuh.
  6. Makanan dan Obat-obatan. Jangan terlalu banyak makan. Sebaiknya diatur pola konsumsinya agar perbekalan mencukupi terutama air. Penting untuk membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan First Aid untuk antisipasi jika terjadi kondisi darurat.

Jika semua sudah dipersiapkan termasuk fisik dan mental, bergegaslah mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.