Cara menghadapi Delay Penerbangan

Cara menghadapi Delay Penerbangan

Manusia bisa berencana, namun Tuhan yang berkehendak. Apakah itu cuaca buruk, kerusakan teknis, atau kesalahan orang, penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan pesawat sangat menjengkelkan. Namun jika cermat, ada cara-cara untuk mengatasinya.

1. Tetap fokus
Cari tahu apa yang paling penting dalam perjalanan ini bagi Anda, cepat! Apakah perlu mencari penerbangan lainnya? Memberi tahu seseorang untuk tidak menjemput Anda di bandara? Menelpon atasan? Atau mencari tempat tidur untuk malam ini? Tetap fokus dan sebisa mungkin berusaha sendiri karena pihak maskapai tidak mungkin bisa membantu ratusan orang secara sekaligus pada saat yang bersamaan.

Cara menghadapi Delay Penerbangan

2. Sopan namun tegas
Bersikaplah sopan namun tetap tegas terhadap petugas maskapai di bandara. Keterlambatan atau penundaan perjalanan Anda bukanlah kesalahan mereka, namun banyak penumpang yang menumpahkan kekesalan kepada mereka. Dan pada umumnya, orang akan lebih senang melayani seseorang yang bersikap sopan. Jelaskan prioritas utama Anda (lihat nomor satu) dan minta bimbingan mereka. Jangan tergesa-gesa, tapi jangan kehilangan ketenangan.

3. Dapatkan kompensasi
Coba periksa asuransi perjalanan atau terms and conditions dari maskapai penerbangan Anda untuk melihat hal-hal apa saja yang bisa didapatkan jika terjadi penundaan atau pembatalan perjalanan. Ingat, kompensasi ini adalah hak Anda sebagai penumpang, dan pihak perusahaan asuransi maupun maskapai penerbangan wajib memberikannya kepada seluruh penumpang.

Cara menghadapi Delay Penerbangan

4. Eksplorasi bandara
Ada kalanya Anda terjebak di bandara, menunggu kepastian keberangkatan. Lakukan eksplorasi dan lihatlah apa yang bandara tersebut tawarkan untuk penumpang. Periksa juga objek wisata yang bisa dicapai tanpa harus keluar jauh dari bandara. Hal itu lebih baik dilakukan daripada menggerutu tidak jelas.

Cara menghadapi Delay Penerbangan

5. Cari rute alternatif
Carilah cara lain untuk mencapai tujuan. Bisakah terbang dengan maskapai penerbangan yang berbeda? Atau bepergian dengan kereta api? Kapal laut? Menyewa mobil? Atau bagaimana jika melakukan perjalanan dengan penumpang lain yang juga terdampak delay? Terkadang, cara ini merupakan awal dari serangkaian petualangan baru.

Cara menghadapi Delay Penerbangan

6. Buat diri Anda terhibur
Jangan biarkan rasa jenuh membunuh. Hibur diri Anda, dengan bermain gim di smartphone, mendengarkan musik, atau membaca buku. Di beberapa bandara, tersedia pusat hiburan seperti bioskop mini dan pusat relaksasi. Nikmati waktu yang ada dan buat Anda selalu terhibur selama menunggu.

Cara menghadapi Delay Penerbangan

7. Tidur
Cara membunuh waktu yang paling ampuh adalah tidur. Karena itu, selalu sedia masker tidur di dalam tas Anda jika harus tidur di ruang tunggu terminal. Namun saat ini di beberapa bandara sudah tersedia sleepbox yang bisa dipesan untuk tidur, tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Baca selengkapnya disini