Penyebab Warna Sungai di Kolombia Bagai Pelangi

Penyebab Warna Sungai di Kolombia Bagai Pelangi

Bagai pelangi yang jatuh ke bumi. Mungkin julukan yang layak terhadap fenomena biologi yang ada di Serrania de la Macarena. The River of Five Colors sebutan bagi Cano Cristales, sebuah sungai di Columbia. Warna fantastis yang terlihat merupakan hasil pantulan sinar matahari oleh ganggang yang berada di dasar sungai. Kemunculan warna ini tidak berlangsung sepanjang tahun. Karena ganggang air hanya tumbuh saat pergantian musim hujan dan musim kemarau. Tepatnya mulai bulan September hingga November.

Warna merah sungai berasal dari tanaman Macarenia Clavigera yang merekah saat menerima banyak pancaran sinar matahari. Sementara lumut yang tumbuh di sekitarnya menimbulkan efek warna kuning dan hijau. Air sungai yang jernih menampakkan dasar sungai berwarna biru dan hitam karena faktor kedalamannya. Jadilah kombinasi lima warna yang mengundang decak kagum bagi siapapun yang menyaksikannya.

Meskipun cukup terkenal di kalangan pelancong. Cano Cristales bukanlah lokasi yang mudah dijangkau. Kondisi alam yang masih dipenuhi belukar membutuhkan hewan tunggangan seperti kuda untuk mencapai sungai tersebut. Tapi bagi pecinta alam liar bukanlah halangan, malah menambah eksotik pemandangan di sana.

Waktu kunjungan yang ideal adalah di bulan Oktober, karena udara relatif sejuk. Kita bisa menggunakan transportasi udara dari Bogota menuju La Macarena airport. Atau jika ingin menikmati suasana alam lebih dekat, tersedia kendaraan jenis jeep atau truk yang berangkat dari San Vicente del Caguan. Atau menggunakan boat yang menyusuri sungai Guaviare dari San Jose. Sebuah perjalanan yang menakjubkan untuk mengisi liburan Anda. (IB)