XL Axiata - Youtube tanpa kuota di 41 negara

Batu Caves, Wisata Alam Ikonik di Malaysia

Berlokasi 15 kilometer dari Kuala Lumpur, objek wisata Batu Caves merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi yang tidak boleh dilewatkan ketika pergi ke Malaysia. Gua yang terbuat dari batu gamping berusia 400 juta tahun ini sarat akan nuansa agama Hindu, dengan lukisan dan patung-patung dewa yang menghiasi sekeliling gua. Salah satunya adalah patung Dewa Muragan setinggi 42 meter yang terbuat dari emas dan terletak di depan pintu masuk. Setiap tahunnya, ribuan umat Hindu datang terutama untuk merayakan festival Thaipusam yang diadakan di akhir bulan Januari.

Batu Caves, Wisata Alam Ikonik di Malaysia

Di dalam Batu Caves terdapat 4 tempat menarik yang harus kita kunjungi, yaitu Temple Cave atau Cathedral Cave, Dark Cave, Cave Villa, dan Ramayana Cave.

Temple Cave atau Cathedral Cave merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga. Di puncaknya, kita dapat melihat pemandangan pusat kota yang indah. Gua ini dijadikan kuil umat Hindu dan dipersembahkan kepada Dewa Muragan. Berhati-hatilah saat menaiki anak tangga karena kita akan dihampiri kera-kera yang meminta makanan.

Pintu masuk Dark Cave dapat kita lihat di tengah perjalanan menuju Temple Cave. Dark Cave merupakan habitat laba-laba terlangka di dunia, Trapdoor Spider. Objek wisata ini menawarkan petualangan di dalam gua disertai edukasi sains. Saat mengikuti Tur Edukasi yang berlangsung selama 45 menit, tourguide akan memberikan helm dan senter. Kita akan diajak melihat susunan batu-batu gua, kelelawar, dan merasakan ribuan kecoa melewati kaki kita. Sedangkan untuk Tur Petualangan yang berdurasi 3-4 jam, kita akan berbasah-basahan dan melewati celah-celah gua yang sempit. Tur ini hanya ada di hari Sabtu dan Minggu, serta berlaku bagi usia 12 tahun keatas.

Jika Dark Cave terlalu menakutkan dan menaiki 272 anak tangga dirasa terlalu melelahkan, kita bisa mengunjungi Cave Villa yang berada di kaki gua. Cahaya warna-warni menerangi sepanjang gua yang memajang berbagai lukisan patung, puisi, dan tokoh-tokoh dari mitologi Hindu. Ada pula plakat-plakat bertuliskan kata-kata bijak dan kotak-kotak kaca berisi berbagai jenis ular dan reptil.

Tempat menarik di Batu Caves yang keempat adalah Ramayana Cave, terletak tak jauh dari patung Hanoman. Seperti namanya, gua ini dipenuhi oleh patung-patung dan adegan-adegan dari kisah epik Ramayana. Di luar gua terdapat sebuah patung sapi berkaki lima, yang dulu pernah hidup bebas di sekitar gua hingga meninggal karena usia tua.

Pergi ke Batu Caves tidaklah sulit. Kita bisa naik KTM Komuter train dari KL sentral ke Batu Caves Komuter Station. Keretanya dilengkapi dengan tempat duduk khusus wanita. Kita juga bisa mencoba menggunakan monorail dari KL sentral menuju Titiwangsa Station. Dari sana kita naik bus menuju Batu Caves. Pilihan lainnya adalah naik bus intrakota nomor 11D dari Central Market atau bus cityliner nomor 69 dari Jalan Pudu menuju Batu Caves.

Tidak ada salahnya kita mampir ke Batu Caves untuk melepas penat, mendapatkan ketenangan, dan menikmati pemandangan alam yang menyejukkan hati. Happy holidays!