Kakadu National Park di Northern Territory

Kakadu National Park adalah taman nasional yang terletak di Australia Utara, 171 km sebelah timur Darwin. Terletak di daerah sungai Alligator di Australia Utara, Kakadu National Park menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi. Taman Nasional ini sebesar Israel, sekitar sepertiga besar Tasmania, atau setengah dari besar Swiss.

Kakadu National Park di Northern Territory

Cagar arkeologi dan etnologi yang terdapat di Kakadu National Park ini telah dihuni secara terus-menerus selama lebih dari 40.000 tahun. Lukisan gua di Warradjan Aboriginal Cultural Centre, Nourlangie Rock, pahatan batu, dan situs arkeologi memberikan bukti atas keahlian dan cara hidup masyarakat wilayah tersebut, yakni mulai dari pemburu-pengumpul zaman prasejarah hingga orang Aborigin yang hingga kini masih tinggal di sana.

Kawasan ini merupakan warisan ekosistem yang kompleks dan unik, termasuk daerah pasang surut yang rata, dataran banjir, dataran rendah, dan dataran tinggi, serta memberikan tempat tinggal bagi berbagai macam spesies tanaman dan hewan yang langka dan endemik. Selain itu Hulaa Hoppers bisa menyaksikan sunset di ketinggian bukit Window of the Wetland.

Kakadu National Park seluas 20.000 km persegi ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik perhatian pengunjung dengan minat yang berbeda-beda. Beberapa tempat di Kakadu yang sempat kami kunjungi di antaranya:

  • Mamukala wetlands – sebuah rawa yang dipenuhi oleh berbagai macam burung di musim-musim tertentu. Di sana ada sebuah bangunan (disebut bird hide) yang bisa dipakai untuk mengamati dan mengintai burung-burung hilir mudik di depan jendela. Selain itu juga ada trek singkat di sekitarnya dan ada banyak hewan liar.
  • Ubirr – lokasi yang paling recommended untuk dikunjungi di Kakadu. Selain ada banyak rock art yang berumur tua dan memiliki latar belakang sejarah yang menakjubkan, Ubirr ini tempat yang paling pas untuk menikmati sunset. Setelah selesai menikmati rock art, pengunjung bisa memanjat bukit batu hingga ke puncak yang memiliki pemandangan 360 derajat dan menikmati saat matahari perlahan-lahan turun dan menghilang dari cakrawala.
  • Nourlangie (Burunggui) – di daerah ini ada banyak shelter yang dulunya dihuni oleh suku Aborigin yang saat ini menyisakan rock art di dindingnya. Ada juga Anbangbang billabong yang dipenuhi oleh burung-burung berbagai jenis dengan bukit Nourlangie sebagai back dropnya. Cantik!

Kakadu National Park di Northern Territory

Beberapa lokasi yang menarik namun tidak bisa kami kunjungi karena akses ke sana membutuhkan kendaraan 4WD di antaranya: Jim Jim Falls, Twin Falls, Gunlom dan Maguk. Kalau kalian roadtrip pakai kendaraan 4WD jangan lupa mampir ke lokasi-lokasi tersebut ya.

XposeSearch

Ads Banner 250x300 px

Ads Banner 250x300 px

Ads Banner 250x300 px

XposeCounter

103651
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
654
1043
7850
84517
36004
45233
103651

Your IP: 54.81.195.240
Server Time: 2017-11-25 10:39:35
Go to top