The Evil Eye dari Turki

Nazar Boncugu

Ada sebagian dari masyarakat dunia yang masih mempercayai kekuatan sebuah benda yang dapat melindunginya dari pengaruh jahat. Benda yang digunakan untuk menangkal energi negatif tersebut bermacam bahan pembuatannya. Beberapa terbuat dari logam, kayu, batu maupun kaca dan bentuknya pun beraneka ragam.

Turki memiliki Nazar Boncugu atau biasa orang menyebutnya “The Evil Eye”. Benda atau lambang yang menyerupai mata berwarna biru dan putih ini dipercaya oleh masyarakat Turki bisa mencegah dari gangguan roh-roh jahat bagi pemiliknya. Nazar Boncugu sendiri bermakna “mata jahat”, biasanya terbuat dari gabungan antara kaca, besi, tembaga, air dan garam. Kombinasi materi mineral dan logam diyakini bisa berfungsi sebagai perisai dari pengaruh jahat. Warna biru yang ada pada Nazar Boncugu dipercaya sebagai pengusir roh jahat, sedangkan warna putih untuk mendatangkan keberuntungan. Hal ini tidaklah mengherankan, banyak masyarakat di negara-negara mediterania percaya pada perlindungan warna biru. Itu sebabnya, banyak pintu depan rumah dicat biru untuk mengusir roh jahat.

Simbol mata dianggap sebagai jimat ampuh untuk perlindungan terhadap kekuatan jahat di hampir semua kebudayaan dunia. Di Turki, Nazar Boncugu bisa ditemui dalam bentuk leontin, kalung, gelang, gantungan kunci, tempelan kulkas dan lainnya. Ada yang menggantungkannya di depan rumah, kantor, leher bayi, ternak bahkan mesin yang baru dibeli. “Jimat” yang banyak dijumpai di toko toko souvenir ini masih dibuat secara tradisional dan kerajinan tersebut sudah ada sejak ribuan tahun lalu. (IB)