XL Axiata - Youtube tanpa kuota di 41 negara

Roti Baguette, Representasi Budaya Perancis

Roti Baguette, Representasi Budaya Perancis

Selain wine dan keju, roti baguette merupakan ciri khas Perancis. Tak hanya sekedar menjadi makanan, kehadiran roti baguette di negara dengan ikon Menara Eiffel tersebut sudah menjadi simbol budaya Perancis.

Ketika jam pulang kantor tiba, tak jarang akan ditemukan orang-orang Perancis yang membawa bungkusan berisi dua atau tiga roti baguette. Mereka memakannya ketika dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing. Bentuknya yang panjang menjadi ciri khas dari roti ini, namun ternyata ada sejarah dibalik hal tersebut.

Adalah Napoleon Bonaparte yang menginstruksikan bentuk rotinya seperti itu. Dengan bentuk yang panjang, para prajurit Prancis tak perlu membawa bekal yang banyak ketika sedang berada di medan pertempuran. Sementara dalam kaidah bahasa, kata baguette sendiri merujuk pada kata tongkat, maka tak heran baguette memiliki bentuk yang menyerupai tongkat.

Baguette memiliki tekstur yang keras di luar namun lembut di dalam. Dengan rasa yang tawar, baguette bias dinikmati dengan cara apapun, seperti di panggang atau menjadi topping di sejumlah menu makanan.