Roswell UFO Festival

Roswell UFO Festival

Image: 5ensesmag.com

Kota RosweLl di New Mexico, Amerika Serikat ternyata memiliki festival unik yang sudah berjalan selama puluhan tahun.

Festival berbau luar angkasa itu diberi nama Roswell UFO Festival dan berlangsung selama empat hari di antara akhir Juni hingga awal Juli.

Roswell diyakini memiliki kaitan erat dengan UFO atau Unidentified Flying Object. Pada tahun 1947, sebuah benda misterius jatuh dari langit di area hutan, sekitar 7,6 Km sebelah utara Kota Roswell. Beberapa saksi mata menuturkan, benda tersebut mirip dengan pesawat, tapi bukan pesawat seperti lazimnya. Suara jatuhnya pun sangat keras dan memekakkan telinga.

Pada saat itu, Roswell Army Air Field (RAAF), melaporkan telah menangkap gambar objek yang misterius dalam radar mereka. Namun dalam hitungan hari RAAF mencabut laporannya dan mengatakan benda jatuh tersebut mereka identifikasi sebagai balon udara. Teori konspirasi pun menyerebak dengan mengatakan pemerintah Amerika Serikat dan RAAF berupaya menutup-nutupi fakta yang sesungguhnya.

Berbekal kejadian tersebut, hingga kini, Roswell UFO Festival dirayakan oleh warga Roswell. Dari sekedar perayaan lokal, kini festival tersebut menjadi daya tarik wisatawan. Pada festival tersebut, warga Roswell akan menggunakan kostum-kostum alien. Sejumlah kegiatan pun digelar, seperti Alien Costume Contest, event lari bertajuk Alien Chase dengan jarak sejauh lima sampai 10 km, serta seminar soal alien.