Mengejar Keju dari Atas Bukit

Cheese Rolling

Foto: arabianbusiness.com

Siapa yang tidak kenal keju, bahkan sebagian orang ada yang sangat fanatik, karena rasanya yang khas. Tapi bisakah kita bayangkan, seandainya keju yang dibentuk seperti roda diluncurkan dari atas bukit, sementara orang-orang berlari untuk mengejarnya. Memang menjadi tontonan yang luar biasa menarik, meskipun terkadang ia sangat beresiko dan membahayakan para peserta. Oleh karena itu, hanya orang dewasa yang boleh mengikuti festival tahunan ini, dan biasanya diselenggarakan pada pekan terakhir bulan Mei.

Tradisi ini sudah dimulai sejak dua abad yang silam. Festival Cheese Rolling mengambil tempat di Cooper’s Hill, sebuah bukit yang curam di Gloucestershire. Keju berbentuk roda yang dikenal dengan Double Gloucester berdiameter sekitar 40 cm. Peserta yang berhasil menangkap roda keju akan menjadi pemenang.

Pernah suatu waktu, pihak berwajib menghentikan acara tahunan ini, lantaran telah banyak memakan korban. Tak sedikit di antara peserta yang mengalami patah tulang, terkilir dan terluka karena terjatuh. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, biasanya panitia penyelenggara menyediakan bantuan medis di kaki bukit, bahkan ambulan pun sudah disiapkan. Meski terbilang tradisi ekstrim dan berbahaya, namun hampir setiap tahunnya, jumlah peserta tak pernah berkurang.