King’s Day: Ketika hari lahir dirayakan seluruh penduduk kota

Belanda, sebagai sebuah negara kerajaan, setiap tahunnya menggelar King’s Day, yaitu sebuah perayaan hari lahir raja mereka. Pusat keramaian berada di ibu kota Amsterdam. Ketika hari itu tiba, seluruh warga kota dan turis akan menggunakan baju dan pernak-pernak warna oranye yang mewakili warna negara tersebut.

Uniknya, hari perayaan dan namanya selalu berubah, tergantung siapa yang saat itu menduduki takhta. Perayaan perdana terjadi pada 31 Agustus 1885 untuk menghormati hari lahir Ratu Wilhelmina. Kala itu nama perayaan masih bernama Queen’s Day atau Koninginnedag. Hari perayaan berubah menjadi 30 April kala Ratu Juliana (anak dari Ratu Wilhelmina) naik tahkta pada 1949. Ketika Ratu Beatrix menjadi Ratu Belanda menggantikan ibunya Ratu Juliana, hari perayaan Queen’s Day tidak diubah, alasannya untuk menghormati ibunya. Namun pada 2014, secara resmi Queen’s Day berubah menjadi King’s Day atau Koningsdag ketika Willem-Alexander didapuk menjadi raja. King’s Day kini digelar rutin setiap tanggal 27 April.

Ketika King’s Day berlangsung, tak hanya sekedar warna oranye, namun juga ada pertunjukan musik yang bisa dinikmati, dan pastinya digelar pesta besar-besaran di seluruh penjuru Kota Amsterdam.

Lihat selengkapnya