XL Axiata - Youtube tanpa kuota di 41 negara

Ketika Langit Menjadi Habitat Ikan Koi

Ketika Langit Menjadi Habitat Ikan Koi

Foto: farmofminds.com

Setiap tanggal 5 Mei, Jepang mengadakan sebuah festival yang ditujukan kepada anak-anak. Walaupun bertajuk Hari Anak (Kodomo no hi), namun sejatinya hari libur ini khusus diperuntukkan kepada anak laki-laki saja. Pada hari itu, langit seluruh Jepang akan dihiasi oleh ikan-ikan yang beterbangan.

Ikan itu adalah bendera yang berbentuk ikan koi atau disebut koinobori. Setiap rumah yang memiliki anak laki-laki akan memasang bendera ini di depan rumahnya. Jumlah bendera ikan dalam satu tiang bias berbeda-beda disetiap rumahnya, tergantung berapa jumlah anak laki-laki yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Secara urutannya, bendera koinobori terdiri dari fukiganashi yang diletakkan paling atas. Fukiganashi melambangkan unsur air, api, tanah, kayu, dan logam yang diwakili oleh lima kain berwarna biru, merah, kuning, hijau dan putih.

Urutan selanjutnya adalah koinobori berwarna hitam yang disebut magoi. Bendera ini melambangkan sosok ayah yang memiliki tanggung jawab pada keluarganya. Karena mewakili kepala keluarga, ukuran magoi lebih besar dari koinobori yang ada dibawahnya.

Selanjutnya koinobori berwarna merah yang bernama higoi. Ikan ini melambangkan sosok ibu, serta warna merah mewakili sifat ibu yang pemberi semangat sekaligus perawat bagi seluruh angota keluarga. Dibawah higoi terdapat koinobori berwarna biru yang melambangkan anak sulung dan beberapa koinobori lainnya yang berbeda warna, sesuai dengan jumlah anak laki-laki dalam keluarga tersebut.

Diceritakan dalam buku sejarah resmi Cina, di Sungai Kuning terdapat sebuah air terjun dengan aliran air yang deras. Sejumlah ikan mencoba memanjat air terjun tersebut, namun selalu gagal. Hanya ikan koi yang mampu memanjat dan berubah menjadi naga. Berdasarkan kisah tersebut, ikan koi dilambangkan sebagai kesuksesan dalam hidup. Orang Jepang mengadopsi kisah tersebut dengan mengibarkan koinobori pada perayaan Kodomo no hi atau hari anak.