El Día de los Muertos: Ketika mereka yang mati kembali ke bumi

El Día de los Muertos: Ketika mereka yang mati kembali ke bumi

Jika Anda pernah menonton film animasi “Coco”, mungkin baru menyadari bahwa di Meksiko ada perayaan atau festival untuk mereka yang sudah mati. El Día de los Muertos atau “Day of the Dead” dirayakan bagi mereka yang percaya bahwa pada tengah malam pada 31 Oktober, jiwa semua anak yang telah meninggal turun dari surga dan bersatu kembali dengan keluarga mereka pada tanggal 1 November, dan jiwa orang dewasa yang sudah meninggal akan datang erkunjung pada 2 November.

Pada hari itu, keluarga yang masih hidup akan membuat altar berwarna-warni di rumah mereka untuk menghormati anggota keluarga yang sudah meninggal, dan altar-altar tersebut dihiasi dengan bunga, lilin, makanan favorit mereka dan pan de muerto (roti manis yang khusus dibuat untuk hari itu saja).

Perayaan lantas berlanjut di pemakaman, di mana para keluarga menggelar tikar untuk piknik, bermain musik dan bahkan menghabiskan malam sebagai cara untuk merayakan kehidupan untuk mereka yang tidak lagi ada di bumi ini.

Tradisi ini berawal sejak 3000 tahun yang lalu, selama masa suku Aztec dan bertahan hingga kini. Selain di Meksiko, festival ini juga dirayakan orang Meksiko yang ada di Amerika Serikat. Cara lain untuk merayakan El Día de los Muertos adalah merias wajah dengan gambar tengkorak.

Baca selengkapnya disini